Ditengah kemacetan atau perjalanan jauh, hiburan yang berasal dari head unit mobil membantu pengemudi mengusir kebosanan. Namun kerap kali, head unit mengalami masalah yang berasal dari kebiasaan pengguna.

“Masalah biasanya karena kebiasaan pengguna salah satunya yang membiarkan head unit dalam kondisi menyala saat mobil akan dimatikan,” ucap Dwi Nur Ahmadi, mekanik Braling Teknik, MGK Kemayoran, (12/4/2017).

Dwi mengungkapkan kebiasaan ini membuat head unit segera menyala saat mobil dinyalakan. Pengaruh kepada komponen di dalam head unit karena saat mobil menyala pertama kali tegangan arus listrik tidak stabil.

Selain itu, bila saat menstarter mobil dan head unit menyala dengan pengaturan volume keras, akan mempengaruhi umur speaker. Speaker yang tiba-tiba berteriak keras, membuat komponen terutama membran yang bergetar tidak bisa kembali ke posisi semula.

“Kalau tiba-tiba volumenya keras, membran yang ada di speaker bisa tidak kembali ke posisi semula. Suara speaker akhirnya jelek,” ucap Dwi.

“Kebiasaan ini juga menjadi langkah perawatan head unit mobil dan komponen di dalamnya. Jadi baiknya pastikan head unit dimatikan terlebih dulu sebelum mobil berhenti,” ucap Dwi.

sumber : otomania.com