Orang yang mengendarai mobil atau motor sering merasa mengantuk di jalan. Ketika mereka terserang kantuk, biasanya istirahat sebentar untuk tidur siang atau minum secangkir kopi – yang mengandung kafein untuk mengurangi rasa kantuk .

Hal terbaik yang dilakukan untk membunuh rasa kantuk adalah melakukan keduanya, bukan hanya satu cara saja. Ini adalah kesimpulan dari studi yang ditulis oleh Anahad O’Connor dalam The New York Times.

Biasanya, para ahli merekomendasikan orang untuk menjauhi kopi dan stimulan lainnya sebelum mengemudi karena kafein dianggap mengganggu siklus tidur. Studi pengemudi mengantuk dilakukan dengan membandingkan pengemudi yang mengantuk dengan istirahat tidur dan kelompok yang istirahat dengan secangkir kopi.

Para peneliti menemukan bahwa tidur selama 15 – 30 menit dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja dalam berkendara. Namun, studi lebih lanjut menyarankan orang untuk memerangi kantuk dengan minum kopi.

Namun, dari serangkaian studi, para peneliti di Inggris menemukan bahwa minum kopi dan kemudian diikuti dengan tidur selama 15 menit adalah cara paling efektif untuk memerangi kantuk. Peneliti menguji supir mengantuk dalam simulator.

Mereka menemukan bahwa kombinasi dari minum kopi dan 15 menit tidur dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi rasa kantuk supir daripada teknik yang umum digunakan – seperti pendingin udara, tidur siang, istirahat tanpa tidur, atau minum sekitar 200 miligram kopi tubruk.

Metode ini diyakini kuat karena tidur selama 15 menit dapat membantu membersihkan otak dari senyawa adenosin. Sementara itu, kafein memakan waktu sekitar 20 menit untuk mulai mempengaruhi efek fisiologis seperti tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.

Jadi, lain kali Anda merasa ngantuk ketika mengemudi, minumlah secangkir kopi dan istirahatlah dengan tidur nyenyak selama 15 menit, karena ini merupakan cara efektif untuk mengalahkan rasa kantuk pengemudi.

sumber : intisari.com

Simpan