Trofi Piala Dunia/REUTERS

MOSKOW, (PR).- Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di tiga negara secara bersamaan yaitu Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Putusan itu dihasilkan dalam pemungutan suara saat kongres Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA, Rabu 13 Juni 2018.

Kandidat lainnya, Maroko, untuk kelima kalinya gagal dalam pencalonan hak penyelenggaraan pesta sepak bola sejagat itu.

Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada, dalam voting di Moskow, beroleh 134 suara sedangkan Maroko 65.

Piala Dunia 2026 akan menjadi Piala Dunia pertama yang putaran finalnya diikuti 48 tim, lebih banyak dari saat ini, 32 tim.

Dalam kongres yang diadakan menjelang perhelatan Piala Dunia 2018 itu, kedua kandidat mendapat kesempatan terakhir mempresentasikan pencalonannya.

Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada mengemukakan bahwa jika terpilih, Piala Dunia akan meraih keuntungann 11 miliar dolar sedangkan Maroko menjanjikan lima miliar dolar.

Meski untuk pertama kalinya putaran final Piala Dunia digelar di tiga negara, sebagian besar pertandingan akan berlangsung di Amerika Serikat. Demikian dilaporkan Reuters dan dikutip Antara.

Dari 80 pertandingan nanti, 10 laga diadakan di Kanada, 10 laga lainnya di Meksiko, dan 60 pertandingan dihelat di Amerika Serikat. Partai finalnya akan berlangsung di Stadion Metlife, New Jersey.

Putin ucapkan terima kasih

Sehari sebelum dimulainya Piala Dunia 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan terima kasih kepada FIFA yang telah memisahkan politik dengan olah raga.

Rusia akan menjadi tuan rumah turnamen itu pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di 12 stadion yang tersebar di kota-kota termasuk Moskow, St Petersburg, dan Sochi.

“Saya ingin menegaskan komitmen FIFA terhadap prinsip olahraga tanpa politik,” kata Vladimir Putin dalam Kongres FIFA di Moskow seraya berdiri di samping trofi Piala Dunia.***


Selengkapnya