Logo Universitas Padjadjaran/Unpad.ac.id

BANDUNG, (PR).- Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad melantik dan mengukuhkan empat guru besar. Keempat guru besar tersebut berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, dan Fakultas Peternakan.

Keempat guru besar yang dikukuhkan itu adalah Arief S. Kartasasmita sebagai guru besar Ilmu Kesehatan Mata, Susi Dwi Harijanti sebagai guru besar Ilmu Hukum Tata Negara, Atip Latipulhayat sebagai guru besar Ilmu Hukum Internasional, dan Lovita Adriani sebaga guru besar ilmu Fisiologi Ternak. Pengukuhan guru besar ini dilaksanakan di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Jumat dan Sabtu, 16-17 November 2018.

Pada pengukuhan itu, Arief menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Retinopati Diabetik : Pergeseran Paradigma Kebutaan di Era Milenial”. Ia menjelaskan, retinopati diabetik merupakan salah satu komplikasi diabetes melitus yang mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah retina mata. Kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Lebih dari 75% penderita diabetes akan mengalami retinopati diabetik 20 tahun setelah terdiagnosis.

Arief merupakan pengajar di departemen Ilmu Kesehatan Mata Bagian Vitreoretina Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Ia menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya. Ia juga menjabat sebagai ketua Seminat Vitreoretina Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan tergabung dalam perkumpulan International Vitreoretina Foundation .

Pada acara pengkuhan itu, guru besar lainnya juga menyampaikan orasi ilmiahnya masing-masing. Susi menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Lampau dan Datang: Hukum Tata Negara dalam Arus Global”. Susi merupakan Kepala Departemen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Unpad. Namanya pernah masuk sebagai aah seorang yang direkomendasikan untuk menjadi calon hakim konstitusi pengganti Maria Farida Indrati. Susi juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif Paguyuban Hak Asasi Manusia (PAHAM).

Sementara itu, Atip pada pengukuhannya menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Internasionalisasi Hukum Internasional: Dari Hegemoni ke Harmoni”. Atip merupakan Kepala Departemen Hukum Internasional. Ia merupakan salah seorang calon Rektor Unpad periode 2019-2024. Atip pernah mengikuti seleksi calon hakim konstitusi pada 2014.

Pada pengukuhannya sebagai guru besar, Lovita menyampaikan orasi ilmiah tentang manfaat probiotik dalam yoghut bagi kesehatan manusia dan ternak. Bagi manusian, probiotik berperan sebagai anti penuaan, sistem imun, dan lainnya.

Sedangkan bagi ternak, probiotik berperan memacu pertumbuhan, memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas produksi susu, telur, dan daging.***


Selengkapnya