Persib/YUSUF WIJANARKO/PR

PERSIB Bandung mampu menahan imbang tuan rumah Perseru Serui dalam laga lanjutan Liga 1 2018. Pertandingan yang digelar di Stadion Marora, Kepulauan Yapen, Papua, Kamis 12 Juli 2018 tersebut berakhir dengan tanpa gol, 0-0. 

Bermain di kandang lawan, tim Pangeran Biru tetap memeragakan permainan terbuka. Padahal Atep dan kawan-kawan mengalami berbagai kendala dalam pertandingan ini. Salah satunya faktor kelelahan karena perjalanan menuju serui yang menyentuh lama 19 jam. Selain itu, cuaca panas di markas Perseru menuntut para pemain Persib beradaptasi lebih keras. 

Di laga ini Persib memasang formasi awal 4-4-2. Meski susunan pemain yang dipasang berbeda dengan biasanya, karakteristik skema Mario Gomez tetap terlihat. Serangan dilakukan dari arah yang bervariasi, baik dari para striker murni, sayap kanan maupun sisi kiri. Komposisi pemain yang berbeda terjadi karena sejumlah pemain pilar tak bisa tampil. Baik karena cedera, akumulasi kartu kuning, maupun sanksi dari komisi disiplin. 

Saat Persib menerima tekanan, Mario Gomez bahkan berani membiarkan dua striker tetap berada di depan untuk menunggu munculnya serangan balik. Ini terjadi sampai menit akhir pertandingan. Secara keseluruhan, pertarungan antara kedua tim berlangsung seimbang. 

Hasil imbang di kandang Perseru Serui, untuk sementara membuat Persib Bandung naik ke peringkat 6 klasemen Liga 1 2018. Pangeran Biru mengoleksi 22 poin dari 14 pertandingan. Hasil dari enam kali menang, empat hasil imbang, dan lima kali kalah. 

Poin yang dikumpulkan Persib sebenarnya sama dengan koleksi poin milik Persija Jakarta di peringkat ke-7 klasemen sementara. Namun Pangeran Biru unggul dalam perbandingan jumlah gol dan jumlah kebobolan. 

Sementara bagi Perseru Serui, ditahan imbang Persib di Serui membuat mereka tetap berada di papan bawah. Tim dengan warna khas jingga ini bercokol di peringkat ke-14. Dari 15 pertandingan yang sudah dilakoni, mereka mampu mengoleksi 18 poin. Hasil dari lima kali menang, tiga kali imbang, dan tujuh kali dikalahkan lawan. 

Meski demikian, urutan klasemen masih sangat mungkin berubah dalam waktu dekat. Itu mengingat Kamis sore ini saja, terdapat dua pertandingan lainnya di Liga 1 2018.

Susunan pemain

Persib Bandung 
M Natshir Fadhil Mahbuby (PG), Ardi Idrus, Indra Mustafa, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Supardi Nasir, Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Hariono, Atep, Agung Mulyadi. 
Cadangan: I Made Wirawan (PG), Tony Sucipto, M Sabillah, Eka Ramdani, Ghozali Siregar.

Perseru Serui
Anas Fitranto (PG), Donny Harold Monim, Tony Rooy Ayomi, Kelvin Wopi, Makarius Fredik Suruan, Arthur Barrios Bonai, Ronaldo Mesido, Silvio Escobar Benitez, Djamel Romano, Boerstra, Delvin Rumbino, Yohanis Nabar. 
Cadangan: Hendra Mole (PG), Habel Boas Inzaghi Isir, Jhon Lewis Puhili, Anton Sandi Pairie, Marten Merowi Raweyai.


Selengkapnya