Kebakaran mobil/DOK. PR

PURBALINGGA, (PR).- Kendaraan wisatawan ludes terbakar di Jalan Raya Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Tujuh penumpang yang merupakan rombongan keluarga berhasil lolos dari maut.

“Mobil jenis minibus tersebut berencana akan berwisata ke kawasan Taman Bunga di Desa Kutabawa. Namun sesampainya di tanjakan Pisangbali, mobil mengeluarkan api yang langsung membakar badan mobil. Api keluar dari kap mesin mobil,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Purbalingga, Rusmo Purnomo, Senin 18 Juni 2018.

Diduga, api yang melalap mobil Nissan Grand Livina bernomor polisi B 1509 JK itu muncul karena konsleting. Saat itu kendaraan yang dikemudikan Haryadi (55), warga Jalan Cipagalo Girang, Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu, Kabupaten Bandung bersama  enam anggota keluarganya berangkat menuju ke Taman Bunga Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja untuk berekreasi.

Saat memasuki jalan menanjak, sekitar pukul 12.00, muncul kepulan asap. Sumber asap berada dari dalam kap mobil.

Menurut Haryadi, saat melihat asap keluar dari kap mobil, dia lalu menghentikan kendaraan. ”Seluruh penumpang saya minta keluar. Hanya dalam hitungan menit, api kemudian membakar seluruh mobil.”

Tujuh anak dan istri Haryadi, Sri Minarti (48), serta anggota keluarganya, Riyanti (30) warga Perum Taman Mutiara Blok E2 Kelurahan Wirasana Kecamatan Purbalingga, Agustiana (17), Diyah Elina (30) Fafa (10) dan Jesika Musa (7) diminta segera keluar keandaraan, mereka berhasil lolos dari kepungan api.

Rusmo Purnomo menyatakan, petugas pemadam kebakaran dari Pos Damkar Bobotsari dan anggota Polsek Karangreja segera dikerahkan ke lokasi untuk membantu memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan pukul 13.00. Namun, kendaraan tidak bisa diselamatkan. Kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp 120 juta.***

Oleh: Eviyanti


Selengkapnya