Tangerang, (PR).- Komunitas Bandara Soekarno Hatta (Kombatta) yang terdiri dari berbagai lembaga dan instansi menggelar deklarasi dukungan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 yang dimulai pada 18 Agustus 2018. Bagaimanapun kedatangan delegasi dari 45 negara dengan jumlah lebih dari 15.000 orang ke Indonesia membutuhkan koordinasi dan kesiapan matang.

“Lebih dari 15,000 orang akan memasuki Indonesia yang terdiri dari Atlet, Ofisial dan suporter untuk memeriahkan Asian Games 2018 dan dibutuhkan kesiapan Bandara untuk memobilisasi massa yang terhitung masif tersebut,” kata Direktur Arrival, Departure & Hospitality Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Indra Gamulya di Hanggar 4 PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. (GMF), Cengkareng, Tangerang, Kamis 12 Juli 2018. 

Deklarasi Dukungan Penyelenggaraan Asian Games 2018 bertujuan untuk menunjukkan komitmen elemen pendukung operasional Bandara Soekarno Hatta dalam menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Komunitas itu antara lain terdiri dari PT Angkasa Pura II, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta, Kepolisian, Kodim, dll. 
 
Indra Gamulya mewakili penyelenggara Asian Games 2018 menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kombatta atas dukungannya terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018. “Kita semua berharap pelayanan yang diberikan di Bandara Soekarno Hatta dapat memberikan citra baik untuk Indonesia,” ujar dia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Enang Syamsi mewakili Komunitas Bandara Soekarno Hatta menyatakan kesiapan pihaknya beserta elemen Bandara Soekarno Hatta lainnya dalam menghadapi perhelatan olahraga terbesar di Asia ini. 

Dikatakan, Bandara Soekarno Hatta adalah gerbang utama yang menyambut kedatangan peserta Asian Games yang datang dari 45 negara diseluruh penjuru Asia. “Kami berkomitmen untuk menjaga kelancaran operasional Bandara Soekarno Hatta, mulai dari sisi keimigrasian, kepabeanan, keamanan dan keselamatan penerbangan hingga lalu lintas diseputaran bandar udara,” tegas Enang.
 
Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto menyampaikan antusiasmenya dalam menyambut penyelenggaraan Asian Games 2018. Menurut dia, GMF terbuka atas segala potensi yang bisa dimanfaatkan terkait penyelenggaraan Asian Games 2018 ini. 

“Dengan komitmen bersama ini, GMF siap memberikan dukungan dalam bentuk apapun yang sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas kami sebagai penyedia jasa perawatan pesawat berkelas dunia,” tutur Iwan.

Sementara itu, Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto mengatakan, pihaknya akan menyiapkan lebih dari 2.000 petugas gabungan untuk menjaga keamanan Bandara Soekarno – Hatta menjelang Asian Games 2018. 

Disebutkan, pola penjagaan keamanan bandara ini tidak hanya disiapkan untuk Asian Games 2018, melainkan juga untuk haji. “Ada 2.000 petugas lebih untuk pengamanan,” ujar Purwadi. Menurut dia, jumlah tersebut belum termasuk petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta. 

Dia menambahkan, pengamanan ini juga berlaku untuk penerbangan haji yang hampir berbarengan dengan perhelatan pesta olahraga negara-negara Asia itu.***


Selengkapnya