AFF U-19/ANTARA
Pesepak bola Indonesia U19 Egy Maulana Vikri melakukan tendangan pinalti ketika melawan timnas Malaysia U19 pada semi final Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 12 Juli 2018.*

SIDOARJO, (PR).- Langkah Tim Nasional Indonesia di Piala AFF U-19 2018 harus terhenti di partai Semifinal, Kamis, 12 Juli 2018. Melawan musuh bebuyutan Timnas Malaysia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Indonesia gagal melaju ke final setelah kalah dalam drama adu penalti 4-3 (1-1).

Di partai final, Malaysia akan menghadapi Myanmar yang lebih dulu lolos setelah membungkam Thailand. Myanmar menang tipis dengan skor 1-0.

Pada laga malam itu, Indonesia unggul lebih dulu melalui eksekusi penalti Egy Maulana Vikri di menit ke-2. Ini setelah Saddil Ramdani dilanggar dalam kotak terlarang. Sementara Malaysia menyeimbangkan kedudukan di menit ke-14 melalui Syaiful Alias.

Sepanjang pertandingan, Indonesia sebenarnya cukup banyak menciptakan peluang. Seperti peluang emas Egy Maulana di menit ke-65 yang sayangnya melambung tipis ke kiri gawang. 

Begitu pun dengan tendangan Todd Rivaldo di menit ke 78. Namun Indonesia gagal menggandakan keunggulan setelah bola berhasil diamankan kiper Timnas Malaysia Muhammad Azri.

Delapan menit jelang laga berakhir, Egy harus ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera. Ia terlihat menangis karena tak bisa melanjutkan pertandingan.

 

Indonesia adalah salah satu tim yang diunggulkan dalam turnamen Piala AFF U-19. Di samping tim-tim kuat lainnya seperti juara bertahan Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Tim asuhan Indra Sjafri ini juga sebelumnya menjadi tim favorit juara AFF U-19 tahun 2018, sebab selain sebagai Tuan Rumah, dukungan suporter Timnas yang selalu memenuhi Gelora Delta Sidoarjo menjadi salah satu modal untuk bisa menjadi penyemangat.

Perjalanan Timnas U-19 menuju semifinal tidaklah mulus. Sebab dari lima laga yang dijalani, hanya sekali kalah dari Thailand di pertandingan terakhir, sehingga mengoleksi 12 poin. 

Garuda Muda mengawali laga Piala AFF U-19 di Gelora Delta Sidoarjo menundukkan Laos dengan skor tipis 1-0, kemudian bangkit menghajar Singapura dengan skor telak 4-0.

Di pertandingan ketiga, Tim Asuhan Indra Sjafri kembali menang telak, kali ini yang dihajar adalah Filipina dengan skor 4-1. Di pertandingan berikutnya melawan Vietnam, meski sempat mengalami kebuntuan bermain, Indonesia berhasil menang dengan skor tipis 1-0.

Di laga terakhir untuk perebutan juara grup A, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 1-2, sehingga terpaksa berada di peringkat kedua grup A, sebelum akhirnya jumpa Malaysia di semifinal.***


Selengkapnya