Gol perdana Piala Dunia 2018/REUTERS

PERTANDINGAN pertama Piala Dunia 2018 mempertemukan tuan rumah Rusia melawan Saudi Arabia. Laga digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis, 14 Juni 2018 malam WIB. Pertandingan digelar seketika setelah upacara pembukaan usai. 

Pada pertandingan ini, gol pertama di Piala Dunia 2018 tercipta. Pemain Rusia, Yuri Gazinskiy menjadi aktor di belakangnya. Gol tersebut dia cetak saat pertandingan baru berjalan 12 menit. Bermula dari umpan silang Golovin, Gazinskiy berhasil lepas dari kawalan pemain belakang Arab Saudi yang menempelnya ketat. 

Setelah bebas dari kawalan, pemain bernomor punggung delapan itu pun dengan leluasa melompat guna menyundul bola. Bola pantulan dari kepalanya meluncur ke tiang jauh. Kiper Arab Saudi, Abdullah Al Mayouf tak mampu menjangkaunya. Gol tersebut membuka keunggulan Rusia 1-0. Pertandingan perdana ini berakhir dengan skor 5-0 untuk tuan rumah Piala Dunia 2018. 

Penampilan perdana

Gol perdana di Piala Dunia 2018 lebih dari spesial bagi Yuri Gazinskiy. Pasalnya, penampilan dia di gelaran akbar sepak bola dunia empat tahunan ini juga menjadi yang pertama kali. 

Bernama lengkap Yuri Aleksandrovich Gazinskiy, pemain 28 tahun ini lahir pada 20 Juli 1989 di kawasan Khabarovsk Krai, Rusia. Dia merupakan gelandang muda yang bermain untuk tim Russian Premiere League, FC Krasnodar. Dia juga pernah memperkuat klub Torpedo Moskow dan Luch Energiya di kasta kedua kompetisi sepak bola Rusia. 

Di level tim nasional, dia sudah tampil sebanyak enam kali. Namun dipastikan, pertandingan perdana dia di Piala Dunia 2018 ini -untuk sementara- menjadi pertandingan paling mengesankan Gazinskiy dalam kariernya bersama Timnas Rusia.

Pasalnya selain membukukan namanya sebagai pencetak gol perdana di Piala Dunia 2018, dia juga membantu tim untuk menang bahkan membantai lawan. Arab Saudi tertinggal lima gol saat pertandingan resmi berakhir. Dalam laga tersebut Yuri Gazinskiy tampil penuh 90 menit.***


Selengkapnya