Latihan Persib 11 MEI 2018/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BULAN Ramadan dan kondisi mayoritas pemain yang tengah berpuasa, tidak membuat tim Persib Bandung merombak agenda rutin mereka. Jadwal dan beban latihan tidak banyak berubah, hanya ada beberapa penyesuaian kecil. 

Seperti hari ini, Kamis 17 Mei 2018, hari pertama Bulan Ramadan, tim kebanggaan bobotoh tersebut tetap menggelar latihan. Namun, jam latihan digeser dari yang biasanya pagi menjadi sore hari, tepat pada masa-masa ngabuburit atau menunggu berbuka puasa. 

Laman resmi Persib Bandung merilis, Kamis sore ini tim asuhan Mario Gomez akan melakukan latihan di Kompleks Sport Jabar, Arcamanik, Kota Bandung. Rencananya sesi latihan dimulai pukul 16.00. Jadwal latihan di hari pertama puasa ini menegaskan bahwa tim pelatih tak ingin performa Pangeran Biru menurun selama Ramadan. 

“Tidak ada perubahan soal latihan untuk semua pemain. Semuanya tetap sama karena kita sedang dalam padatnya jadwal kompetisi. Mungkin hanya durasi dan waktu latihan saja yang berubah,” kata Pelatih Persib, Mario Gomez di laman resmi klub.

Selain latihan pada sore hari, tim pelatih Persib Bandung juga mewacanakan adanya latihan bahkan game internal pada malam hari. Jika latihan sore ditujukan untuk menyiasati kondisi fisik para pemain yang berpuasa, latihan malam dilakukan sebagai adaptasi. Seperti diketahui, semua pertandingan Liga 1 2018 yang digelar di Bulan Ramadan, diselenggarakan malam hari dengan kick off pukul 20.30.

Pekan padat

Pada pekan ini, tim Persib Bandung sebenarnya bisa sedikit beristirahat. Pasalnya, laga kontra Persebaya Surabaya ditunda karena adanya serangkaian teror bom di Jawa Timur beberapa hari lalu. Mulanya, pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Kota Surabaya, Sabtu, 19 Mei 2018 malam, dengan Persebaya sebagai tuan rumah. 

Meski demikian, Mario Gomez ogah melihat para pemainnya berleha-leha. Dia memilih mempersiapkan tim jelang jadwal padat di akhir Mei 2018 ini. Pasalnya di pekan-pekan terakhir bulan ini, Persib harus melakoni sejumlah pertandingan dengan jeda yang sangat sempit

“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pekan ini kita persiapkan tim sebelum menghadapi jadwal yang padat. Walaupun pekan ini tidak ada pertandingan, tapi tetap harus menjalankan program telah kita buat,” ujar pelatih berkebangsaan Argentina tersebut.***


Selengkapnya